Profil

MITRA PEREMPUAN

VISI

Terwujudnya kesamaan derajat dan martabat antara perempuan dan laki-laki sebagai manusia serta kehidupan yang aman, damai, sejahtera, bebas dari rasa takut dan ancaman kekerasan.


MISI 2010 – 2013

Mendorong terselenggaranya perlindungan dan pemberdayaan perempuan survivor*) kekerasan domestik dan mereka yang potensial mengalaminya dengan cara menjalin kerjasama kemanusiaan dengan berbagai pihak yang peduli untuk menghapus kekerasan terhadap perempuan.
*)Survivor: Perempuan yang mengalami kekerasan domestik dan berusaha mengatasinya dengan mengakses hak-hak yang dimilikinya

10 NILAI YANG DIANUT MITRA PEREMPUAN

1.  Keadilan gender

Senantiasa akan menempatkan persoalan dalam konteks pola relasi perempuan dan      laki-laki, dan mengupayakan perubahan posisi agar seimbang.

2.    Anti kekerasan

Dalam menanggulangi kasus-kasus kekerasan, Mitra Perempuan akan menentang dan tidak menggunakan segala bentuk kekerasan.

3.    Solidaritas

Dalam memberikan pelayanan, Mitra Perempuan mengupayakan kerjasama dan menciptakan suasana saling mendukung antara korban dan pihak-pihak yang peduli pada penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

4.    Keterbukaan

Mitra Perempuan akan memberikan informasi tentang kegiatannya sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik serta menerapkan mekanisme kerja dan keuangan yang transparan.

5.    Semangat Pelayanan

Dalam menjalankan kegiatannya, Mitra Perempuan menempatkan survivor kekerasan sebagai subyek yang bertanggungjawab atas kehidupannya sendiri.

6.    Pemberdayaan Perempuan

Dalam memberikan pelayanan, Mitra Perempuan mendorong terciptanya kemampuan survivor kekerasan untuk meraih kendali atas kehidupan dan situasi yang dihadapinya.

7.    Non Diskriminatif

Penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia tanpa membeda-bedakan gender, jenis kelamin, orientasi seksual, umur, ras, suku, pandangan politik, kelas, budaya, agama, dan kepercayaan.

8.    Kerakyatan

Memberikan prioritas pada kepentingan perempuan terutama yang miskin dan lemah.

9.    Partisipatif

Dalam pengambilan keputusan, Mitra Perempuan sebanyak-banyaknya melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan.

10.    Kerelawanan.

Sebagai Lembaga Pelayanan Sosial, Mitra Perempuan mendasarkan pengembangan organisasinya pada peran aktif relawan sosial.