Kerjasama Kemanusiaan Mitra Perempuan WCC Mendapat Dukungan dari Jepang

Ibu Shinrei Ito, President of ISC, membacakan sambutannya.

Mitra Perempuan Women’s Crisis Centre mendapat bantuan donasi dan kerjasama dari Ito Supporting Comity (ISC) berasal dari masyarakat Jepang,  khususnya mendukung kegiatan pendampingan dan layanan konseling kepada perempuan dan anak di shelter dan 3 WCC Mitra Perempuan yang terletak di Jakarta, Bogor dan Tangerang.

Penandatanganan kerjasama dan bantuan dilakukan oleh President  ISC, Ibu Shinrei Ito dan Ibu Rita Serena Kolibonso,SH,LL.M sebagai ketua Pengurus Yayasan Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan  ‘Mitra Perempuan’  pada tanggal 19 September 2011, bertempat di kantor Mitra Perempuan WCC di Tebet Jakarta.

Kerjasama dan bantuan yang seluruhnya bernilai USD 20,205.00 dan berlangsung selama 12 bulan untuk 3 kegiatan utama meliputi:

  1. Melengkapi peralatan kantor ketiga WCC dan shelter Mitra Perempuan dengan 3 Personal Computers,printers dan mesin facsimiles, serta  kursi-kursi kerja.
  2. Memberikan kontribusi bagi kegiatan relawan dalam layanan konseling dan pendampingan bagi perempuan dan anak yang mengalami KDRT,agar mereka segera mengakses bantuan medis,perawatan dan pemulihan,bantuan hukum dan shelter.
  3. Pelatihan relawan dan peningkatan ketrampilan  survivors dalam rangka  kegiatan pemberdayaan perempuan dan anak di shelter.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolik oleh Ibu Shinrei Ito kepada Ibu Rita Serena Kolibonso.

Pada dialog pagi hari tersebut, Ibu Shinrei Ito yang didampingi oleh Penasehat ISC Bapak Yasuhiro Ito, menyampaikan bahwa sangat berempati dengan kondisi dan perjuangan kaum perempuan Indonesia yang mengalami kekerasaan dalam kehidupannya.

Dengan berbahasa Jepang yang diterjemahkan, ia menyatakan sangat mendukung dan menyampaikan apresiasinya kepada Mitra Perempuan yang bekerjasama dengan para relawannya dalam mendampingi , memperjuangkan hak perempuan dan anak yang mengalami kekerasaan dalam kehidupan rumah tangga dan di masyarakat luas.

Pertemuan yang disertai dialog dan diskusi tentang kondisi dan perlindungan bagi hak perempuan dan sebagai korban kekerasan, berlangsung selama 1 jam dengan dihadiri oleh sejumlah staf dari ISC dan staf serta relawan dari Mitra Perempuan Woman’s Crisis Centre. Selain meninjau secara langsung perlengkapan kantor WCC, Ibu Shinrei Ito juga menyerahkan sejumlah kenang-kenangan berupa peralatan gambar bagi anak-anak dan dompet bagi perempuan yang didampingi di shelter Mitra Perempuan, yang diserahkan-terimakan kepada Ibu Dra. Purnianti selaku Pengurus Yayasan.

Staff ISC beserta relawan Mitra Perempuan WCC berpose bersama.

Ketua Pengurus Yayasan menyampaikan bahwa peristiwa ini menjadi istimewa karena Mitra Perempuan sebagai pusat layanan bagi perempuan dan anak yang dikelola oleh masyarakat sipil Indonesia  selama  lebih dari 16 tahun terbukti mendapat dukungan konkrit dari masyarakat Jepang dan ISC sebagai bagian dari masyakat Jepang yang datang langsung. Ini sebuah untaian dukungan solidaritas ‘from people to people’. Mitra Perempuan  menyampaikan penghargaan yang tinggi dan menyambut kerjasama yang baik sebagai upaya bersama penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia ”say no to violence against woman and children”.

Kegiatan penting ini disaksikan dan diliput oleh media JakTV.Semoga kerjasama ini berjalan dengan baik.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *