Menyingkap Tirai Kekerasan dalam Rumah Tangga

Penulis      : Dra. Purnianti; Rita Serena Kolibonso, SH, LL.M
Penerbit    :
Mitra Perempuan
Tahun         : 2003

Secara lengkap, buku ini menguraikan serba-serbi mengenai kekerasan dalam rumah tangga yang patut diketahui. Di dalamnya, diungkapkan pula hasil studi tentang pemahaman dan harapan masyarakat tentang perlindungan dan pemberdayaan perempuan secara khusus, terkait dengan layanan Mitra Perempuan Women’s Crisis Center sejak tahun 1995.

Buku ini terbagi dalam lima bagian , yaitu  (1) Memahami Akar Kekerasan Dalam Rumah Tangga, yang membahas faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi pemicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga;  (2) Perempuan Korban Kekerasan, membahas bagaimana posisi perempuan dalam masyarakat, mengapa perempuan bisa menjadi korban kekerasan dan penanganan hukumnya, serta akibat kekerasan terhadap perempuan; (3) Kekerasan Dalam Rumah Tangga, membahas mengenai apa itu kekerasan dalam rumah tangga, bentuk-bentuknya, dan akibat yang ditimbulkan; (4) Kekerasan Terhadap Siapa?, menguraikan siapa-siapa saja yang rentan menjadi korban dan peranan ibu dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga;  (5) Fakta Seputar Kekerasan Dalam Rumah Tangga, memaparkan hasil penelitian Mitra Perempuan dalam menangani kasus kekerasan dalam rumah tangga, mulai dari karakteristik pelaku hingga pemahaman tentang perlindungan dan pemberdayaan perempuan.

Koleksi buku ini dapat dibaca di perpustakaan Mitra Perempuan                                Jalan Tebet Barat Dalam IVB No. 23, Jakarta Selatan 12810, Telepon 021-83790010 Pelayanan  Senin – Sabtu: jam 08.00 – 17.00 WIB